Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma – Retikulum endoplasma (RE) merupakan membran yang sifatnya kontinu biasanya terdapat pada sel hewan dan juga tumbuhan namun tidak ada di dalam sel prokariotik.

Pengertian lainnya yaitu suatu membran tubulus jaringan serta kantung yang pipih dan memiliki fungsi untuk melayani segala macam fungsi/kegunaan yang ada di dalam sel.

Retikulum Endoplasma
RE

Retikulum ini juga sering disebut sebagai organel sel berupa beberapa lipatan serta tabung membran yang juga berada pada semua sitoplasma.

Sebagian besar permukaannya memiliki beragam reaksi kimia, misalnya reaksi yang terjadi pada perkembangan dan juga pertumbuhan sel.

Membran RE secara umum seperti lembaran pada surat kabar, yang dilipat menjadi bola-bola yang kecil.

Jenis-jenis Retikulum Endoplasma

Terdapat dua daerah membran RE yang berbeda, baik dalam struktur maupun fungsinya, yaitu daerah Retikurum Endoplasma yang kasar dan halus. Berikut ini jenis-jenis membran RE yang perlu Anda ketahui :

1. Retikulum Endoplasma Kasar

RE Kasar
RE Kasar

Retikulum Endoplasma Kasar adalah jenis membran RE yang bertekstur kasar. Di bagian permukaannya ada bintik-bintik, yang dimana bintik itu disebut dengan ribosom. Sehingga fungsi yang paling utamanya adalah untuk melakukan proses pada sintesis protein itu sendiri.

2. Retikulum Endoplasma Halus

RE Halus
RE Halus

Retikulum jenis ini kebalikan dari membran RE yang tergolong kasar. Hal tersebut karena permukaan retikulum halus memang terasa lebih halus dan tak ada bintik ribosom yang terdapat pada jenis RE kasar.

Fungsi dari retikulum halus ini adalah untuk membantu proses pada metabolisme seperti sintesis lipid, detoksifikasi obat, konsentrasi kalsium, metabolisme karbohidrat, serta merupakan tempat melekatnya reseptor di bagian protein pada membran sel itu sendiri.

Baca juga artikel kami tentang Pengertian dan Manfaat Okulasi dan Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

RE Sarkoplasma
RE Sarkoplasma

RE Sarkoplasmik adalah jenis retikulum yang terbilang khusus. Perbedaannya dengan RE halus adalah terdapat kandungan protein di dalamnya yang akan mensintesiskan molekul. membran RE Sarkoplasmik biasa ditemukan di otot lurik dan juga otot licin.

Sementara pada RE Sarkoplasmik ini biasanya digunakan untuk menyimpan atau bisa juga memompa ion kalsium. Peran yang khusus dari RE Sarkoplasmik ini yaitu untuk memicu kontraksi yang terjadi pada otot.

Fungsi Utama Retikurum Endoplasma

Berikut ini beberapa fungsi utama yang terdapat pada retikulum endoplasma :

  1. Bertanggung jawab atas transportasi untuk karbohidrat serta protein dan juga bagian organel yang lainnya, seperti membran plasma, lisosom, aparatus golgi dan lain sebagainya.
  2. Menyediakan luas permukaannya yang bisa meningkatkan reaksi seluler.
  3. Membantu pembentukan membran nukleus selama masa atau proses pembelahan sel terjadi.
  4. Retikulum Endoplasma juga berperan penting dalam sintesis protein, steroid, glikogen, lipid dan lain sebagainya.
  5. Menetralkan racun atau terjadinya detoksifikasi yang letaknya berada di sel hati.
  6. Menyalurkan bahan-bahan genetika yang letaknya di antara sitoplasma dengan inti sel.
  7. Sebagai kalsium, yang memiliki kalsium ini akan dikeluarkan ke bagian sitosol.

Struktur Pada Retikulum Endoplasma

Membran RE merupakan suatu jaringan membran yang luas dan memiliki struktur menyerupai kantung, yang tertahan oleh bagian lainnya yaitu sitoskeleton.

Membran pada RE dinamakan membran fosfolipid yang fungsinya yaitu untuk membungkus ruang, serta kontinu dengan ruang lainnya yaitu perinuklear.

Permukaan pada bagian membran RE yang tergolong kasar terpasang dengan ribosom, bertujuan untuk memproduksi protein. Kemudian tampilan permukaannya pun menjadi kasar. Secara umum, RE kasar berupa kantung yang bentuknya pipih.

Sedangkan pada RE jenis halus terdiri atas tubulus yang letaknya berdekatan dengan pinggiran sel. RE mempunyai luas yang sangat bervariasi, yang membentang dari membran sel dengan melalui sitoplasma.

Kemudian retikulum, ini akan membentuk koneksi yang bersambung dengan amplop nukleus. Bentuk RE halus lebih menyerupai tabung.

Baca juga : Komponen Minyak Bumi

RE Yang Terdapat Pada Sel Tumbuhan

Bagaimana cara kerja membran RE yang ada pada sel tumbuhan? Retikulum akan bertindak sebagai saluran, untuk protein yang masuk ke dalam membran. Hal ini juga sangat berperan penting dalam hal penyimpanan lipid dan juga biosintesis.

Fungsi umum membran RE yang terdapat pada sel tanaman yaitu mensintesis protein serta yang berperan dalam hal proses pematangan.

Fungsi tambahan lainnya yaitu melibatkan beberapa sel dalam hal komunikasi sel di antara beberapa sel yang khusus, yang menjadi tempat penyimpanan bagi protein tersebut.

Membran RE pada tanaman/tumbuhan juga mengandung protein struktural serta mengandung enzim, yang keduanya berkaitan dengan proses biogenesis serta dalam hal penyimpanan lipid.

Retikulum pada tumbuhan juga berkaitan dengan beberapa bagian sel dengan melalui plasmodesmata.

RE Yang Terdapat Pada Sel Hewan

RE pada sel hewan merupakan jaringan kantung, yang memiliki peran penting dalam hal manufaktur, pengangkatan beragam senyawa kimia, pengolahan, serta untuk pemakaian di luar dan juga di dalam sel.

Hal itu kemudian akan terhubung pada selubung nukleus dengan lapis ganda, yang menyediakan pipa di antara inti serta sitoplasma yang berasal dari sel hewan.