Cara Menggunakan Aplikasi Otentikasi Taspen

Pada tahun 2019 lalu, PT Taspen berusaha untuk meningkatkan pelayanannya. Mereka memberikan kemudahan bagi para pensiunan melalui peluncuran aplikasi taspen mobile.

Tujuannya agar pengambilan uang gaji atau pensiun lebih efektif, yaitu tidak perlu datang langsung ke bank atau pos.

Bagaimana sih cara menggunakan aplikasi otentikasi taspen? Simak sampai akhir ya.

Cara Menggunakan Aplikasi Otentikasi Taspen Dengan Mudah

Perlu Anda ketahui bahwa setiap penerima dana pensiun wajib melakukan autentifikasi ulang untuk otentikasi berkala.

Tujuan otentikasi sendiri untuk memastikan bahwa si penerima manfaat dana pensiun masih hidup. Yaitu satu bulan sekali bagi penerima dana kehormatan atau tunjangan veteran.

Kemudian dua bulan sekali untuk pensiunan TNI/Polri, PNS. Serta 6 bulan sekali untuk pejabat negara yang masih memiliki tunjangan keluarga.

Pensiunan tidak perlu datang ke kantor mitra bayar untuk melakukan otentikasi. Mereka hanya cukup menggunakan aplikasi taspen yang bisa diinstall di smartphone masing-masing.

Namun tetap saja ketika mengalami permasalahan terkait penggunaannya diwajibkan untuk datang langsung ke kantor mitra bayar.

Lalu bagaimana sih cara menggunakannya, simak step by step di bawah ini ya :

Install Aplikasi Taspen Di Play Store Ataupun App Store

Unduh Aplikasi Taspen Di Playstore. Ikuti petunjuknya hingga terpasang di smartphone masing-masing.

  1. Setelah itu, buka aplikasi.
  2. Masukkan Nomor Taspen (NOTAS) atau nomor pensiunan yang terletak di Kartu Identitas Pensiun (KARIP). Atau Anda juga bisa menggunakan nomor NIP yang lama (untuk PNS).
  3. Masukan nomor taspendi kolom yang sudah disediakan dan klik menu Otentikasi.
  4. Setelah NOTAS atau nomor pensiun sudah berhasil dimasukkan. Anda akan diarahkan ke tahapan otentikasi wajah, Klik Lanjut.
  5. Caranya dengan mencocokkan wajah pada kolom yang sudah disediakan, anggukan kepala, geleng-geleng dan kedip mata.
  6. Nah, apabila berhasil maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan pada aplikasi bahwa otentikasi bulan ini sudah berhasil dilakukan.

Aplikasi akan menampilkan Nomor Taspen, nama, penerima manfaat, No KTP, tanggal lahir, jenis kelamin dan NOTAS lainnya. Teliti apakah semuanya benar.

Setelah semua sudah selesai dilakukan maka pensiunan sudah bisa melakukan pengambilan dana melalui smart card yang didapatkan pada pendaftaran ulang.

Fungsinya sebagai kartu identitas pensiun (KARIP), pembayaran umum, penarikan dana melalui ATM, dan untuk mendapatkan diskon di toko tertentu.

Metode digitalisasi yang diluncurkan oleh PT Taspen ini nantinya diharapkan agar terhindar dari penyalahgunaan penerima manfaat.

Apalagi jika sudah meninggal, maka dana pensiunan tidak lagi dicairkan pada pihak yang tidak berhak untuk menerimanya.

Waktu otentikasi dipisahkan berdasarkan status keluarga, berikut rinciannya :

  1. Apabila peserta masih memiliki keluarga lengkap yang terdiri dari anak, suami dan istri. Maka otentikasi dilakukan selama enam bulan sekali.  
  2. Apabila peserta dana pensiun hanya mempunyai suami atau istri saja. Maka otentikasi dilakukan setiap tiga bulan sekali.
  3. Dan terakhir apabila penerima dana pensiunan masih hidup maka wajib melakukan otentikasi setiap bulannya.

Dimulai sejak berlakunya otentikasi online ini, pengguna surat kuasa tidak akan berlaku lagi.

Anda juga perlu tahu, jika tidak melakukan otentikasi, maka manfaat pensiun ditahan oleh PT Taspen.

Penerima dana pensiun juga tidak dapat mencarikan 100% apabila dalam jangka waktu tiga bulan berturut-turut tidak melakukan otentikasi.

Jadi, patuhi aturan yang berlaku. Lakukan dengan benar beberapa cara menggunakan aplikasi otentikasi taspen., jika ada masalah segera datang ke kantor mitra terdekat.

Categories Android

Leave a Comment