Ukuran Standing Banner

Ukuran Standing Banner

Apakah kalian pernah melihat banner yang berbentuk persegi panjang dengan posisi berdiri? Jika pernah melihat, itulah yang disebut sebagai standing banner. Ukuran standing banner satu dengan yang lainnya sudah jelas berbeda.

Perbedaan ini bisa karena faktor ditempatkannya banner tersebut hingga tujuan pembuatan banner itu sendiri. Pada umumnya, size standing banner ini terbagi menjadi tiga macam sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Apa itu Standing Banner?

Standing banner merupakan salah satu banner yang digunakan untuk media promosi, baik ditempatkan di indoor maupun outdoor. Kebutuhan standing banner sebagai media promosi sangatlah penting karena akan berpengaruh pada penjualan.

Semakin baik desain serta ukuran yang tepat dari banner tersebut, maka akan berdampak pada hasil akhir nanti. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui berapa sajakah ukuran dari standing banner ini agar dalam proses pembuatannya tidak terjadi kesalahan.

Macam Ukuran Standing Banner

1. X Banner Indoor

X Banner Indoor

Sesuai dengan namanya, banner ini umumnya akan ditempatkan di dalam ruangan ketika ada acara pameran atau sejenisnya. Pembuatan banner ini umumnya digunakan untuk mempromosikan stand dan menarik perhatian para pengunjung.

Pada dasarnya, ukuran standar dari banner indoor ini adalah 160×60 cm. Ini merupakan ukuran yang paling umum digunakan.

Namun, ada juga yang menggunakan ukuran 120×60 cm. Ukuran kedua ini sebenarnya tidak terlalu umum dan hanya segelintir yang menggunakannya.

Sebenarnya untuk ukuran umum, yaitu 160×60 cm ini memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kalian bisa memuat banyak tulisan atau gambar dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan ukuran 120×60 cm.

2. Mini X Banner

Contoh Mini Standing X Banner

Selanjutnya ada Mini X Banner yang tentunya banner dengan tiang penyangga berbentuk X. Dibandingkan ukuran banner sebelumnya, untuk jenis ini pada dasarnya memiliki beberapa variasi ukuran yang bisa digunakan.

Ukuran standing banner yang paling umum digunakan adalah 25×45 cm, namun ada juga yang menggunakan ukuran 26×38 cm. Karena ukurannya mini, biasanya banner ini digunakan untuk menambahkan promosi dalam bentuk kecil.

Sebagai contoh, ketika mengunjungi tempat kopi atau sejenisnya dan di situ terdapat promo khusus.

Biasanya pihak pengelola akan membuat mini banner ini dan ditempatkan di tempat tertentu. Umumnya, banner ini hanya berjumlah sedikit dan digunakan dalam beberapa kali saja.

3. Standing X Banner

Contoh Standing X Banner

Terakhir ada standing X banner yang menjadi salah satu banner paling umum dan sering dijumpai di berbagai tempat. Umumnya, jenis banner ini digunakan untuk promosi bisnis ataupun jasa yang ditawarkan dari tempat tersebut.

Adapun ukuran normalnya adalah 180×80 cm. Dengan ukuran panjang dan lebar yang besar ini, kalian bisa mencantumkan berbagai macam informasi penting dan tentunya harus tepat. Desainnya juga harus menarik perhatian banyak orang.

Setiap ID card memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan ternyata ada ukuran standarnya. Ingin tahu detail ukurannya? Silahkan simak Ukuran ID Card yang Benar Sesuai Standar Beserta Contoh Desain

Tips Mendesain Standing Banner yang Menarik

1. Tempatkan Logo di Atas

Bagian atas standing banner sangatlah penting, oleh karena itu penting untuk mencantumkan logo produk atau perusahaan. Penempatan logo harus tepat dan pastikan menggunakan resolusi terbaik agar bisa dilihat oleh banyak orang.

2. Pemilihan Warna Harus Tepat

Pemilihan warna background disarankan warna netral seperti putih. Selanjutnya bisa dipadukan dengan warna perusahaan atau yang menjadi ciri khas dari produk tersebut.

Kesalahan dalam memilih warna membuat banyak orang menjadi enggan melirik banner tersebut.

3. Gambar Resolusi Tinggi

Apabila ingin menyisipkan beberapa gambar pendukung agar menarik perhatian banyak orang, pastikan memiliki resolusi yang tinggi. Gunakan foto atau ilustrasi milik sendiri agar hasilnya lebih memuaskan dan menarik perhatian orang.

4. Buat Tulisan Menarik

Tulisan menjadi salah satu yang tidak kalah penting dalam pembuatan banner. Gunakanlah kata-kata yang bisa menarik atensi banyak orang atau membuat orang yang membacanya menjadi penasaran terhadap produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

5. Cantumkan Kontak

Terakhir yang tidak kalah penting adalah mencantumkan kontak jika ada orang yang tertarik terhadap promosi kalian. Kontak harus dicetak dengan jelas, mudah dibaca dan tentunya bisa dihubungi. Jangan mencantumkan kontak palsu.

Baca juga :
1. Ukuran Header Youtube Yang Tepat, Tidak Terpotong, dan Terlihat Menarik
2. Ukuran Feed Instagram Yang Tepat Agar Postingan Lebih Menarik
3. Ukuran Foto 3R Lengkap Dalam Inci, CM, MM, Dan Piksel

Selain ukuran standing banner yang umum di atas, ada juga jenis roll banner yang penggunaannya bisa dikatakan lebih praktis dibandingkan X banner.

Ukurannya sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan standing banner, namun beberapa ada yang lebih panjang dan lebar.